Pages

resume ksi pertemuan ke 5 dan 6

Konsep Sistem Infomasi yang diajarkan oleh ibu tyas kali ini membahas tentang e-bussines dan e-commerce dimana terdapat perbedaan yang sangat tipis akan kedua hal tersebut.
E-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis. E-commerce adalah usaha untuk penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Sedangkan E-bisnis adalah penggunaan IT dan komputer yang dilakukan oleh organisasi, individu untuk menjalankan dan mengolah proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, integrasi dan tingkat produktivitas. contoh dari e-bisnis adalah penyediaan berita dan distribusinya melalui media cetak dan juga internet.
dan e-commerce adalah bagian dari e-bussines.
setelah pembahasan tentang 2 bagian tersebut kemudian materi dilanjutkan dengan materi ERP.
ERP adalah
tulang punggung bisnis yang berfungsi untuk pemrosesan penjualan, pemasaran, manajemen dan pengendalian persediaan, perencanaan produksi serta keuangan. Semua jenis bisnis mengimplementasikan system ERP. Sistem ini dapat menghasilkan manfaat bisnis yang signifikan bagi perusahaan, diantaranya :

1.Kualitas dan efisiensi,Menciptakan kerangka kerja untuk meningkatkan proses bisnis internal perusahaan.

2.Penurunan biaya,banyak perusahaan yang melaporkan penurunan signifikan dalam biaya pemrosesan (hardware, software, karyawan ), jika dibanding dengan system lama yang tidak terintegrasi yang digantikan oleh system ERP baru mereka.
3.Pendukung keputusan,ERP menyediakan informasi mengenai kinerja bisnis yang sangat cepat untuk manager agar dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.
4.Kelincahan perusahaan, system ERP dapat menghasilkan struktur organisasi, tanggung jawab menejerial, dan peran kerja yang lebih flexibel.

CRM yang sangat berguna untuk membantu para manager untuk berbisnis yang berfokus pada pelanggan. Software CRM sebuah software yang dijalankan melalui web dan membantu para praktisi penjualan, pemasaran, dan layanan untuk menangkap serta menulusuri data yang relevan mengenai setiap kontrak yang sudah lewat atau yang direncanakan dengan para pelanggan. Software analistis CRM meliputi alat penambangan data (data mining) dan software analistis pemasaran lainnya, sementara database CRM dapat berisi gudang data pelanggan dan data mart CRM.

Manfaat dari CRM adalah mengidentifikasi dan menargetkan pelanggan terbaik,real time kustomisasi dan personalisasi produk dan layanan,melacak kapan pelanggan melakukan kontak ke perusahaan, memberikan pengalaman layanan pelanggan yang konsisten dan layanan yang unggul dan dukungan. Kegagalannya meliputi kurangnya pemahaman dan persiapan,mengandalkan pada aplikasi untuk memecahkan masalah tanpa terlebih dahulu mengubah proses bisnis, stakeholder bisnis tidak berpartisipasi dan tidak siap.

Sistem Pengambilan Keputusan (DSS).bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk pengambilan keputusan dalam sesuatu organisasi atau perusahaan.


Faktor Pendukung DSS
Pengambilan keputusan dipengaruhi oleh :
· Faktor teknologi
· Faktor kompleksitas struktural
· Faktor pasar internasional
· Faktor stabilitas politik
· Faktor konsumerisme
· Faktor intervensi pemerintah
· Faktor informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut,
· Faktor gaya pengambilan keputusan dan
· Faktor kemampuan (intelegensi ,persepsi, dan falsafah) serta
· Pertimbangan pengambil keputusan. Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidakpastian dari hasil keputusan yang diambil. Untuk mengurangi faktor ketidakpastian tersebut, keputusan membutuhkan informasi yang sahih mengenai kondisi yang telah, dan mungkin akan terjadi, kemudian mengolah informasi tersebut menjadi beberapa alternatif pemecahan masalah sebagai bahan pertimbangannya dalam memutuskan langkah yang akan dilaksanakannya, sehingga keputusan yang diambil diharapkan dapat menrberikan keuntungan yang maksimal.

0 komentar: