Pages

Jaringan Komputer (Pertemuan 1)


NIM    : 11410100023
Nama  : Vito Ganesha Putra
MK      : Jaringan Komputer
Dosen  Anjik Sukmaaji
Prodi   : S1 Sistem Informasi STIKOM SURABAYA

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, dan menggunakan bersama perangkat keras.
 
Media komunikasi dalam jaringan komputer yaitu : 
1. Media Guide
2.MediaUnguide

1. Guide Media (Cable) terdapat 2 jenis: 
  • Tembaga (copper) data yang dialirkan berupa arus listrik :
  1. Coxral : Thick dan Thin 
  2. Twisted Pair : UTP (unshielded) dan STP (shielded)Twisted Pair : Kabel dililit melingkar satu sama lain, karena kalau lurus dapat menimbulkan medan magnet sehingga data tidak dapat terkirim.
  • Kaca (Fiber) data yang dialirkan berupa cahaya ( LED/Laser ) :
  1. Single Core
  2. Multi Core 








1. Lapisan Fisik (Physical Layer)

Lapisan ini berfungsi untuk menterjemahkan media transmisi jaringan, bagaimana ethernet bekerja, berupa data-data yang diterjemahkan menjadi bit-bit/sinyal analog dan diteruskan melalui media kabel ke ethernet, dan menjaga koneksi antara media jaringan dengan sistem.

2. Lapisan Data Link (Data Link Layer)

Lapisan ini tugasnya yaitu mengelompokkan bit-bit data yang kemudian dikelompokkan menjadi frame dan diteruskan melalui kartu jaringan (Network Interface Card). Pada lapisan ini juga dilakukan pemeriksaan dan penanganan error apabila terjadi kesalahan antara pengalamatan MAC address pada masing-masing NIC (Networ Interface Card) dan hardware penghubung jaringan lainnya.

Contoh media jaringan pada apliaksi ini adalah: Hub, Switch

3. Lapisan Network (Network Layer)

Lapisan ini bertugas untuk menentukan alamat jaringan tujuan berdasarkan IP address, pada lapisan ini juga dilakukan routing untuk meneruskan data ke alamat jaringan yang berbeda.

Contoh media jaringan pada apliaksi ini adalah: Router, Core Switch

4. Lapisan Transport (Transport layer)

Lapisan ini bekerja pada protokol TCP/UDP, bertugas untuk mengubah frame data menjadi beberapa paket data yang kemudian dikirimkan ke alamat tujuan dan menjamin data sampai ke tempat tujuan, kecuali untuk UDP karena transport data yang dilakukan tidak connection oriented (menjamin data sampai ke tempat tujuan), melainkan connectionless (tidak menjamin data sampai ke tempat tujuan)

5. Lapisan Session (Session Layer)

Lapisan ini bertugas untuk menjaga kedua koneksi yang saling terhubung, dan bertanggung jawab untuk menjaga, memelihara, atau memutuskan koneksi yang sedang berlangsung.

6. Lapisan Presentasi (Presentation Layer)

Lapisan ini bertugas untuk menterjemahkan data yang hendak ditransfer ke sisi aplikasi yang digunakan oleh end user/pengguna akhir
contoh: format ascii yang diubah menjadi tulisan yang bisa dilihat oleh sisi user, pada browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dll

7. Lapisan Aplikasi (Application Layer)

Lapisan ini bertugas untuk menyampaikan informasi dari jaringan kepada user lewat aplikasi yang ada, seperti browser, email, dll. Dan sebagai interface anatara pengguna dengan aplikasi.
Contoh aplikasi jaringan yang bekerja ada lapisan ini adalah: Internet Explorer, Microsoft Outlook, Mozilla Firefox