Pages

Kegiatan Seminar Perisan

Sabtu,10 September 2011 dimulainya acara okk prodi di stikom surabaya acara yang dimulai pada jam 06.30 ini dimulai dengan berlangsung nya upacara pembukaan untuk okk prodi di stikom surabaya.

Memang meski terlihat banyak MABA yang telah datang tetap saja banyak juga yang terlambat pada hari ini,tepat pada jam 07.00 upacara pun dimulai dengan khidmat.
Setelah upacara kami langsung menuju Gedung serba guna untuk mengikuti acara seminar pada Perisan hari ini di ruangan tersebut acara dimulai dari persentasi dari bapak bambang dimana pak bambang membawakan sebuah materi yang bertemakan "motivasi" sebuah tema yang menarik untuk dipahami bagi kami yang masih belum mengerti akan arti kata motivasi.
beliau menjelaskan arti kata motivasi kepada kami dimana didalamnya terdapat definisi yang patut untuk dipahami oleh para MABA saat ini.
Didalam definisi tersebut terdapat beberapa keyelement yaitu :
  • Intensity : seberapa keras seseorang mencoba suatu hal.
  • Direction : mempunyai tujuan atau goal yang terencana.
  • Persistence : Seberapa lama orang mencoba.
Setelah beliau menerangkan tentang ketiga key element tersebut kemudian beliau membahas tentang kebutuhan dimana kebutuhan merupakan hal penting dari setiap mahluk hidup dan menurut beliau kebutuhan adalah kekurangan yang dirasakan pada saat tertentu.
kemudian beliau membahas pengertian kebutuhan menurut maslow...dimana maslow menjelaskan kebutuhan seperti seseorang yang sedang menaiki sebuah tangga.
dimana dibedakan menjadi lima yaitu :
  1. psylogical
  2. safety
  3. social
  4. esteem
  5. self actualisation
dan dapat dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu lower(external) dan Higher(internal).
kemudian dilanjutkan dengan teori kebutuhan menurut clayton adefer yang dibagi menjadi :
  • extistence
  • relatedness
  • growth
kemudian dilanjutkan dengan teori douglas mcgreger yang membagi manusia menjadi dua golongan yaitu manusia malas dan manusia intelektual dan kemudian setelah diterangkan dari bermacam-macam teori tersebut pak bambang pun undur diri dan digantikan oleh teori kewirausahaan materi ini dibuat agar para peserta seminar tidak hanya tertarik menjadi seorang pekerja tetapi juga dilatih untuk menjadi seorang enterpreneur.dimana dijelaskan terdapat 12 karakter seseorang untuk dapat menjadi enterpreneur yang sukses dan dapat berkembang.
12 karakter tersebut yaitu :
  1. inovasi
  2. pengendalian diri
  3. kemauan
  4. tidak tergantung pada orang lain
  5. organisasi
  6. mampu membaca peluang
  7. adaptasi
  8. kreatif
  9. inisiatif
  10. tegas
  11. presepsi
  12. mampu mengajak atau mempengarui orang lain
materi ini merupakan materi yang penting dimana dijelaskan terdapat fakta dimana jika sebuah negara terdapat para wirausahawan atau enterpreneur yang banyak maka negara tersebut akan makmur.